Headlines News :
Home » » Array Queue pada C++

Array Queue pada C++

Written By Unknown on Rabu, 27 November 2013 | 23.42



Queue pada dasarnya merupakan lanjutan dari Array Stack. Cuma memiliki satu perbedaan yang mendasar yaitu. Queue adalah suatu Program yang memiliki alogaritma siapa yang pertama kali masuk maka dialah yang pertama kali keluar. Queue juga sering disebut sebagai Antrian karena memiliki logika berfikir yang sama.
>> Silakan pindah ke tab Pemrograman C++ <<
>> untuk mendapatkan code program << 

Alogaritma Queue dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini :




Silakan amati gambar diatas, Array Queue digambarkan dengan suatu antrian yang dimana orang yang pertama kali mengantri akan memasuki ruangan dan mendapatkan tiket pertama kali.Untuk menggunakan Fungsi Queue tersebut anda harus mendeklarasikan beberapa variabel seperti berikut:




Ada beberapa fungsi Utama dalam Queque yaitu :
1. Create
Fungsi Created digunakan untuk mendefinisikan Head dan Tail. Didalam Queue mengenal Head (Awal) dan Tail (Akhir) yang dimana akan digunakan untuk menciptakan dan menganalisis suatu Queue.Untuk penulisannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



2. IsEmpty
Fungsi IsEmpty digunakan sebagai parameter yang bilamana suatu kondisi yang mengatakan bahwa array tersebut kosong.Untuk mengatakan bahwa Array Queue bernilai kosong maka Tail harus = -1. Bentuk penulisan Fungsi IsEmpty.




3.IsFull
Fungsi IsFull digunakan sebagai parameter yang bilamana suatu kondisi yang mengatakan bahwa array tersebut penuh. Untuk mengatakan bahwa Array Queue penuh maka harus melihat nilai Tail-nya. Apabila Tail >= Max-1 (Max adalah batas nilai Array yang pertama kali didefinisikan nilainya) maka bisa dikatakan bahwa Array Queue dalam keadaan penuh. 



4. EnQueue
Fungsi EnQueue digunakan untuk memasukan nilai pada Array Queue yang selalu ditambahkan pada nilai array paling belakang. Penambahan nilai Array menggunakan nilai Tail dengan cara increment (Menambahkan) nilai Tail terlebih dahulu. Bentuk penulisan fungsi ini bisa dilihat sebagai berikut.




5. DeQueue
Fungsi DeQueue digunakan untuk mengeluarkan atau menghapus nilai Array Queue , Dengan logika menggeser semua nilai Array kedepan dan mengurangi nilai Tail dengan 1 dengan menggunakan Looping. Perhatikan penulisan fungsi dibawah ini.




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Sahrul-Teknik | Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MEDIA BELAJAR - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sahrul-Teknik